Categories

Sabtu, 28 Maret 2015

Tips Modifikasi Mobil Yang Sering Dilupakan

Jendela Motor - Para pecinta otomotif pasti mendambakan setiap tunggangannya tampil lebih keren dan menarik. Untuk itu kali ini saya akan membahas modifikasi mobil. Beberapa aspek yang harus anda perhatikan sebelum memodifikasi mobil anda antara lain :

  • Konsep / Perencanaan
Sebelum anda memulai modifikasi kendaraan anda yang pelu diperhatikan adalah konsep karena tanpa perencanaan yang tepat dipastikan ide-ide anda untuk membangun sebuah modifikasi mobil pasti akan berantakan. Beberapa pilihan konsep bisa anda jadikan acuan dalam menentukan ide modifikasi mobil anda apakah akan menyusung gaya sporty, elegan, racing atau extreme. Karena dengan konsep yang tepat maka semua hal yang anda perlukan nantinya akan efektif.
  • Budget / Dana / Biaya
Hal kedua yang sangat penting adalah anggaran. Jika anda sudah menentukan konsep yang anda rencanakan maka sesuaikan biaya anda. Pemilihan material tidak harus memakai kualitas nomor satu sehingga dapat menghemat biaya yang anda keluarkan, misalnya untuk merubah warna mobil sesuai keinginan anda cukup menggunakan cutting sticker. Selain dapat terlihat berbeda juga dapat melindungi cat asli mobil anda.
  • Pemilihan Material
Dalam pemilihan material sebaiknya anda dapat berkonsultasi dengan teman yang sudah terlebih dahulu memodifikasi mobilnya atau anda juga dapat berkunjung ke bengkel-bengkel modifikasi mobil agar hasil dan bahan yang digunakan pada kendaraan anda benar-benar sempurna dan sesuai fungsi yang anda inginkan. Tidak selalu harus barang baru yang anda pergunakan, contohnya dalam memilih velg mobil dapat menggunakan material bekas asal kualitasnya masih terjaga.

Tips Modifikasi Velg Mobil
  • Audio
Manjakan telinga anda dengan kualitas audio yang berkualitas baik. Dengan mengganti head unit, speaker dan dapat menambahkan kekurangan seperti subwoofer atau tv. Jika anda penggemar musik maka bagian ini harus benar-benar anda perhatikan. Manfaat lainnya adalah untuk menghibur anda  disaat jalanan macet. Ada tiga pilihan dalam anda memodifikasi bagian ini antara lain SQ (Sound Quality) untuk anda penyuka kejernihan dan kelembutan suara. Yang kedua adalah SPL (Sound Presure Level) bagi anda yang suka suara bass. Sedangkan yang ketiga adalah SQL (Sound Quality Loud) tipe ini menggabungkan antara SQ dan SPL, untuk tipe ini biasanya yang dipilih oleh pemula modifikasi audio.

Tips Modifikasi Audio Mobil
  • Interior
Bagian interior / kabin mobil adalah tahap selanjutnya yang perlu anda perhatikan, selain untuk memberikan kenyamanan pada anda. Jangan lupa sesuaikan dengan konsep awal agar tampilan interior dan eksterior dapat terpadu dengan baik. Mulailah dengan mengganti panel dashboard dengan lapisan kulit atau bahan kayu sedangkan jok mobil anda dengan kulit selain terlihat lebih rapi juga menjaga kebersihan kabin mobil anda. Dan jangan lupa mengganti kaca film agar suhu dan kenyamanan di dalam mobil terjaga, selain itu dapat memberikan tampilan berbeda dari segi eksterior mobil anda. Jika anda mempunyai budget lebih dapat menambah alat GPS di dalam kendaraan untuk memudahkan anda melalui daerah yang belum anda ketahui.

Tips Modifikasi Interior Mobil
  •  Mesin
Jangan lupakan bagian ini meski hanya memodifikasi kendaraan anda secara sederhana karena tentu berat / bobot kendaraan anda berubah dari aslinya / standart. Jangan sampai nanti anda merasa bahwa mobil anda kurang tarikan. Padahal penyebabnya adalah modifikasi yang anda lakukan pada mobil anda. Bagi anda yang mengonsep gaya racing tentu mesin merupakan bagian terpenting sebelum anda melakukan modifikasi bagian lain agar mobil bisa lebih bertenaga dan memperoleh tarikan yang lebih berbeda.

Tips Modifikasi Mesin Mobil
  • Tempat dan Lokasi
Terakhir yang anda harus perhatikan adalah tempat dan lokasi pemakaian mobil anda. Perhatikan daerah yang biasanya sering dilalui, apakah jalan yang berlubang, rata atau banyak polisi tidur. Karena biasanya para modifikator lupa akan hal ini. Saya mengambil contoh jika anda tinggal di daerah yang banyak polisi tidur tentu jangan anda modifikasi mobil anda dengan seceper-cepernya karena mobil anda akan cepat mengalami kerusakan dan tentu mempengaruhi budget / dana yang anda keluarkan untuk sering merawat kendaran anda. Atau jika memang anda menginginkannya bisa mengganti per dan kaki-kaki mobil anda

Tips Modifikasi Mobil Ceper
Sesuaikan konsep modifikasi mobil anda dengan kebutuhan anda dalam memakai kendaraan. Karena sejatinya modifikasi harus memberikan kenyamanan pada penggunanya. Sekian ulasan saya, semoga bermanfaat bagi para modifikator mobil agar dapat tepat dalam memilih konsep modifikasi bagi mobil anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar